22 Februari 2013

STOP PIRACY!



Hentikan pembajakan! Hargailah karya-karya para seniman musik dengan membeli album mereka atau mendownload dari laman yang resmi, bukan dari sembarang website.
            Berawal dari sebuah teks dalam bahasa Inggris yang muncul di soal Try Out beberapa waktu lalu, aku jadi menyadari bahwa secara tidak disadari aku sendiri telah melakukan piracy itu. O__o Bagaimana dengan kalian?
Kalau kutanya, apa kalian sering download lagu-lagu dari internet? Darimana kalian download itu? Apakah resmi dari website penyanyi yang bersangkutan?
Kalau ternyata kalian sering download lagu-lagu dari website yang bukan website resmi yang dapat hak untuk memerbanyak lagu itu dan membagikan kepada semua orang, berarti sebenarnya kalian juga telah melakukan piracy!

            Kedengarannya sepele, bukan? Tapi serius deh, menurutku apa yang telah kita lakukan selama ini salah. Itu berarti kita kurang menghargai para seniman musik itu. Tidak seharusnya kita download lagu-lagu mereka tanpa seizin dari si empunya lagu itu, bukan?


            Mungkin sepertinya, menurut kalian, hal sekecil ini tidak akan terlalu memberi efek negatif kepada si penyanyi, tapi menurutku anggapan seperti itu adalah salah. Coba, kalau rata-rata 1 orang diantara keluarga kecil kita suka download lagu (yang sebutan kasarnya dengan cara ilegal) di internet, ada berapa keluarga di 1 RT? Ada berapa RT di satu RW? Dan ada berapa juta keluarga di Indonesia?
            Coba kalau itu semua dilakukan dengan resmi, atau dengan beli album original penyanyi yang bersangkutan , tentu akan memberikan keuntungan bagi si penyanyi. Keuntungan itu memang dalam bentuk uang, tapi meski begitu, itu artinya kita menghargai usaha bermusik mereka. Jadi penyanyi-penyanyi itu juga tidak rugi.
Apa kalian setuju dengan pendapatku?
            Kalau kalian setuju, ayo! Marilah kita bersama menghentikan aksi piracy~! Dengan cara sederhana yaitu membeli album original penyanyi tersebut, atau download dari website resmi yang punya hak cipta. Percaya deh, kalian tidak akan rugi. Malahan kalian akan dapat pahala karena menghargai karya-karya seni para seniman musik itu. :)
STOP PIRACY!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

ABOUT ME

Foto saya
Im a HUMANOIDS, not A-N-D-R-O-I-D~! I ♥ TVXQ. Fan of Lee Min Ho. Support VR46. Love watching SHINHWA Broadcast. :) me YUNJAE-shipper. not really into KPOP, but interest in JPOP esp ARASHI. member of GARUDA SIPIL 2013. ALWAYS KEEP THE FAITH!