17 Februari 2013

Orang-orang Proyek


Ahmad Tohari, lahir di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, 13 Juni 1948. Pendidikan formalnya hanya sampai SMTA di SMAN 2 Purwokerto. Namun demikiam, beberapa fakultas yaitu ekonomi, sospol, dan kedokteran, pernah dijelajahinya. Semuanya tak ada yang ditekuninya.
Bakat kepengarangannya mulai berkembang setelah menamatkan SMA di Purwokerto pada tahun 1966, ketika tulisan-tulisannya mulai mengisi berbagai majalah dan surat kabar. Ia memenangkan salah satu hadiah Kincir Angin, sayembara penulisan cerita pendek yang diselenggarakan Radio Hilversum pada tahun 1977. Pada tahun 1990, ia mengikuti International Writing Program di Amerika selama 3 bulan.
            Ahmad Tohari tidak pernah melepaskan diri dari pengalaman hidup kedesaannya. Maka warna hampir semua karyanya adalah lapisan bawah dengan latar belakang alam. Ia memiliki kesadaran dan wawasan alam yang begitu jelas terlihat pada tulisan-tulisannya.
  

            Novelnya yang berjudul Orang-orang Proyek adalah salah satu buah karyanya. Berkisah tentang seorang insinyur muda bernama Kabul dengan hidupnya yang “bersih”, harus menghadapi berbagai permasalahan di negara yang masih jauh dari kata “bersih” ini. Alur dan konflik yang dikemas sedemikian rupa membuat pembaca dengan mudah memahami maksud si pengarang. Setting yang digambarkan secara detail membuat imajinasi pembaca tidak terkungkung dan bebas. Hingga lembar terakhir yang Anda baca, Anda tidak akan merasa jenuh sama sekali. Bahkan Anda akan gregetan membaca akhir dari novel ini. Dari novel ini pun Anda bisa mengambil banyak pelajaran berharga, juga amanat yang terkandung di dalamnya. Anda bisa memahami, bahwa betapa sulit hidup di jalan yang benar, di negara kita tercinta ini. Yang juga istimewa adalah, Ahmad Tohari tidak segan untuk menggunakan istilah-istilah kedaerahan dalam setiap novelnya, yang mana membuat pembaca dapat benar-benar memahami kultur budaya dalam novel tersebut.
            Sampai tahun 2013 ini pun, saya merasa, novel ini masih sangat relevan dengan kehidupan masa kini. Hanya latar tahunnya saja yang berbeda. Semuanya masih sama, bahkan tidak jauh berbeda dengan yang dituliskan oleh Ahmad Tohari.
            Orang-orang Proyek adalah karya Ahmad Tohari yang pertama kali saya baca. Dan sejak membaca ini pula, saya memutuskan untuk menjadi salah satu penggemar beratnya.Ahmad Tohari adalah sastrawan Indonesia asal Banyumas yang wajib kita apresiasi ke-eksis-annya dalam dunia sastra hingga sekarang.
Membaca karya-karya Ahmad Tohari tidak akan membuat Anda menyesal.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

ABOUT ME

Foto saya
Im a HUMANOIDS, not A-N-D-R-O-I-D~! I ♥ TVXQ. Fan of Lee Min Ho. Support VR46. Love watching SHINHWA Broadcast. :) me YUNJAE-shipper. not really into KPOP, but interest in JPOP esp ARASHI. member of GARUDA SIPIL 2013. ALWAYS KEEP THE FAITH!