19 Oktober 2013

Aku Cinta Indonesia (dan Jepang)

Sejak masih berada di taman kanak-kanak, pertanyaan klise tentang apa cita-cita kita di masa depan sering dilontarkan oleh orang-orang dewasa di sekeliling kita, entah itu orang tua, sanak keluarga, guru di sekolah, atau juga orang dewasa lainnya yang bahkan tidak pernah kita temui sebelumnya. Dan aku semasa kecil yang ditanyai tentang hal itu hampir selalu menjawab dengan jawaban yang terdengar mulia, ingin menjadi dokter. Kenyataannya sekarang berbeda. Cita-citaku berubah seiring dengan bertambahnya usia dan kemampuan berpikir. Sekarang aku bukanlah lagi anak berumur 5 tahun yang ingin menjadi dokter demi mengobati orang sakit. Aku yang sekarang sadar bahwa menghafal nama ilmiah dalam bahasa latin itu tidak semudah menghafalkan lagu berbahasa Jepang.
              Berbicara tentang masa kecil, masa kecilku bisa dibilang tidak terlalu istimewa. Akan tetapi satu hal yang kusukai dari diriku dan tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang adalah kecintaanku terhadap komik Jepang. Berawal dari tokoh fantasi abad 21 bernama Doraemon hingga Naruto, kegemaranku membaca komik terus bertambah seiring dengan bertambahnya umur. Dari komik itu pula, ketertarikanku terhadap segala sesuatu tentang Negeri Sakura terus meningkat, mulai dari musik, drama, bahasa, kebudayaan, sampai gaya hidup orang Jepang, semuanya selalu berhasil menyita perhatianku. Saat mendengar ada seorang senior di SMA yang kuliah di Jepang, keinginanku untuk melanjutkan studi ke sana mulai muncul. Ditambah lagi, aku sejak awal memang telah memiliki ketertarikan tersendiri terhadap Jepang. Sempat muncul niatan untuk mengikuti seleksi beasiswa ke Jepang, tapi niat tersebut kuurungkan lantaran aku harus menunggu setahun untuk mengikuti seleksi itu. Pada akhirnya kuputuskan untuk kuliah dahulu di sini dan setelah lulus barulah aku melanjutkan sekolah di Jepang. Izin dari orang tua sudah kudapatkan, dukungan dari keluarga pun akan selalu ada. Yang kurang hanyalah izin dari Tuhan.

              Aku yakin itu bukan hal yang mustahil. Hanya kesempatan saja yang belum datang. Keinginanku juga belum hilang. Cita-citaku belum putus. Aku telah berjanji dengan diriku sendiri, kalau suatu hari nanti aku pasti bisa menimba ilmu di negeri kedua yang kucintai setelah Indonesia, Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

ABOUT ME

Foto saya
Im a HUMANOIDS, not A-N-D-R-O-I-D~! I ♥ TVXQ. Fan of Lee Min Ho. Support VR46. Love watching SHINHWA Broadcast. :) me YUNJAE-shipper. not really into KPOP, but interest in JPOP esp ARASHI. member of GARUDA SIPIL 2013. ALWAYS KEEP THE FAITH!