30 Agustus 2013

MABA – DAY TWO


Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas
 @ Gedung Prof. Sudharto
7.00 a.m.

THIS IS THE MOST NERVE-WRACKING LONG DAY!

*             *             *

                Hari kedua PMB nih. Hari ini PMB Fakultas, dan Fakultas Teknik kumpul di Gedung Sudharto. Katanya sih emang dari dulu anak Teknik kumpul di sana, soalnya anak Teknik kalau jadi satu itu banyak banget. ^^
                Kumpulnya jam 7 kalau ga salah. Setelah paginya ngeloyor sama Levis buat cari makan dan ternyata cuma nemu nasi kuning dan akhirnya beli 2 bungkus sekalian niatnya sama buat siangnya, aku berangkat naik angkot.
                Eh btw ini hari pertamaku sendirian di Semarang. Ternyata biasa aja sih... ngalir aja. Kirain bakal ribet atau efek paling parah adalah stress. Tapi nyatanya aku santai aja. Terlalu cuek mungkin?
                Surprise pagi ini, pas turun dari angkot ketemu sama Zelika. Wah, rasanya seneng plus kangen kalau ketemu sama temen SMA. Pengin kumpul-kumpul dengan sesama perantauan dari Purbalingga. :) Sampai d Gedung Sudharto, aku langsung cari barisan anak Teknik Sipil setelah mampir ndopok bentar sama Putri, Wida, dan Hanina yang lagi kongko-kongko.
                Deg-deg-an nih, soalnya aku pakai rok pendek selutut. Kan harusnya pakai rok panjang. Untungnya ga dihukum sih. Fiuh~~  Ada temennya juga sebenernya, jadi kalau dihukum pun aku ga bakal sendirian.
                Setelah diabsen dan dikasih tahu sama kakak senior tentang tugas dan apa yang perlu dibawa buat PMB Jurusan besok, kita semua masuk ke dalam gedung. Agenda acara hari ini adalah mendengarkan ceramah/materi. Yang juga berarti aku bakal duduk seharian mendengarkan pembicara.
                Aku duduk di sebelah Intan. Dan di depan kami ada anak-anak Teknik Elektro yang isinya (kayanya) cowok semua. :o Jadi inget, tadi aku juga sempet lihat anak Teknik Mesin pas lagi baris. Ceweknya sedikit banget~ :o Anak cewek Teknik Sipil sih ada sepertiganya lebih sedikit kalau ga salah.
                Baru pulang jam 3-an sore lewat. Dan baru bisa sampai kost jam 4 sore setelah kumpul-kumpul dulu mendiskusikan yang buat besok.
            Di sinilah hari yang panjang dan menegangkan di kota perantauanku dimulai...


*             *             *

                Aku seharian ini kepikiran terus soal rok panjang hitam dan kemeja putih lengan panjang hitam yang kudu dipakai besok. Masalahnya adalah... AKU GA PUNYA! T____T Rasanya tuh kaya pengin terjun aja dari lantai 46. -,-
                Setelah bergumul dengan pikiran dan jadwal seharian ini, begitu sampai kost aku langsung ngeloyor sama Levis buat cari rok panjang dan kemeja panjang. Aku langsung capcus ke ADA setelah telpon Mami bentar.
                Sport jantung dimulai saat aku ke ADA dan ternyata kata mba-mba SPG rok panjang hitam dan kemeja putih lengan panjangnya lagi habis soalnya banyak yang cari. :o Rasanya pengin menelan permen karet sekarang juga. -__-
                Setelah konsultasi sama Mami, akhirnya aku dapat 2 kemeja putih lengan panjang tapi itu model buat pakaian cowok. Aku ga peduli soal gender, yang penting dapet aja~ Harganya mahal, aku jadi merasa SANGAT BERSALAH sama ortu karena menghabiskan duit cuma buat beginian. -.-
                Pencarian rok panjang dimulai setelah aku balik ke Tembalang terus ambil duit di ATM BNI di pom bensin dekat kost. Toko di emperan yang pertama ada rok panjang hitam, tapi ga cukup. Aku pun cari lagi ke dekat-dekat situlah, dengan jalan naik motor pelan-pelan. Beruntung banget, di toko kedua aku menemukannya. Hooray! :)  Agak kegedean kayanya, modelnya lebar juga, tapi ini bukan saatnya mempermasalahkan itu. Yang penting dapet dulu! Harga roknya mahal juga (meski dapat bonus sebuah sabk yang menurutku sama sekali ga kece), jadi tambah merasa bersalah gara-gara aku yang boros duit. Maaf Mi, Pi. :’(
                Habis itu, aku langsung balik ke kost dan beberes bentar. Terus langsung keluar lagi buat kumpul sama anak-anak Sipil Kloter B di pom bensin yang dekat perum. Aku berangkat naik angkot bareng Ovi, anak Sipil yang ternyata kost-an-nya deket sama aku, masuk ke gang yang di samping pom bensin. ^^
                Di pom bensin anak-anak pada sibuk ngumpulin data sama tanda tangan anak-anak sekloter. Berasa artis nih kalau dimintain tanda tangan sama sekelompok orang yang datang ramai-ramai, wahahahaa~ xD
                Pas maghrib, kita pindah lokasi tongkrongan dan meluncur ke rumahnya Ade. Kita berencana ngerjain cocard dan teman-temannya di sana. Aku ke rumah Ade nebeng sama Lukman naik motor.
                Sebenarnya enak nih, barang-barang yang diperluin udah dikoordinir buat beli bareng alhasil aku terima jadi. ^__^ Tinggal bikin apa-apanya aja~~
                Kira-kira kita itu mulai ngerjain tugas cocard dan kawan-kawannya sekitar jam 7 kurang. Dan bayangkan, sampai jam 9-an itu aku belum selesai ngerjain apa-apa. :o Habis ada aja yang kendalanya. Yang ukuran kertasnya ga pas sama ukuran coccard yang semestinya. Tanda tangan yang sama sekali ga jalan dan gaje. Lalu kelamaan diskusi dan galau serta kebanyakan ngobrol, yang sangat membuang waktu sebenernya.
                Mana aku juga belum mandi coba. .__. Ga sempat makan malam. Rasa lapar aja jadi hilang gegara pusing mikirin cocard dan ini-itu.
                Aku baru selesai bikin cocard itu sekitar jam 11. Dan hasilnya sama sekali ga maksimal. Aku dapat dari jiplakan yang udah selesai dan hasil jiplakannya itu ga semirip aslinya. Waktu itu berhubung udah malam, udah capek, dan aku mulai panik, aku pasrah aja deh sama cocardnya. Yang penting buat. Masalah nanti dimarahin senior gegara ukurannya ga sama itu bakal dipikir nanti aja.
                Awalnya itu mau bikin ramai-ramai. Misal bikin logo Sipil, itu bikinnya sekalian buat 34 anak yang ada di kloter B. Eh lama kelamaan malah jadi pada bikin sendiri dan aku yang terlunta-lunta ini jadi panik. Untungnya ada yang berbaik hati mau peduli sama yang belum bikin dan akhirnya kita bikin bareng-bareng. ^^
                Capek banget, serius. Di hari pertama sendirian di Semarang aku udah pulang malam coba. -__- Aku bikin Mami sama Papi panik kayanya. Belum makan malam, pas ditelepon jam 10-an kurang juga akunya belum balik ke kost. Anak manja kaya aku memang terlalu sering merepotkan. Gomenasai.
                Yang bikin deg-deg-an bukan cuma cocard yang akhirnya aku kerjain apa adanya, tapi masalah sesungguhnya baru muncul saat aku pulang.
                Balik dari rumah Ade itu sekitar jam 11-an lebih. Aku balik diantar Okta, bareng sama Ovi yang diboncengin Angga. Fyi, gerbang kost ditutup jam 11 malam. Aku sebelumnya itu udah sms ke Mas Andi atau Mas siapalah yang sms aku pakai nomor asing. Aku udah bilang bakal pulang telat soalnya lagi ngerjain tugas buat ospek, dan gerbangnya jangan ditutup dulu. Eh ga tahunya, pas sampai sana GERBANG KOST UDAH DIGEMBOK! Mati~!! Rasanya pengin mati di tempat saat itu juga.
                Bayangkan aja, aku pulang itu dalam kondisi lelah dan belum makan. Diperparah dengan tugas yang belum selesai. Belum isi agenda. Belum pasang foto. Belum nyelesein cocard. AAARRRGGHHH! T__T
                Aku panik dan langsung telepon ke Mas Andi. Nomornya ternyata ga aktif. Aku telepon ke nomor satunya, ga diangkat-angkat dan akhirnya malah dimatiin. 0__0 Aku panik banget. Dan beruntung di situ masih ada Okta sama Angga yang nungguin aku di depan kost.
                Berhubung aku ga bisa masuk, mereka nawarin aku buat nginep di kost-nya Ovi. Aku yang bingung akhirnya nurut aja dan akhirnya aku diantar mereka ke kostnya Ovi.
                Udah tuh, aku udah mapan di kamar kost-nya Ovi dengan hati bergemuruh kacau. Deg-deg-an banget serius deh. Rasanya pengin nangis saat itu juga. :’( Banyak banget tugas aku yang belum selesai. Dan rencana yang udah aku susun ketika sampai dikost HANCUR BERANTAKAN!
                Masalahnya adalah, aku mau pulang ke kost buat mandi dan siap-siap jam berapa? Pagi subuh? Gerbangnya belum dibuka. =__= Argh, rasanya pengin nangis meraung-raung keras saat itu juga. Benar-benar aku dalam kondisi kalut dan putus asa, diperburuk dengan stress dan frustrasi.
            Ternyata Tuhan sangat baik padaku. Ingat lagu berjudul Tuhan Pasti Sanggup? Di salah satu liriknya berkata, “Tuhan pasti sanggup. Tangan-Nya tak kan terlambat ‘tuk mengangkatmu. Tuhan pasti sanggup. Percayalah, Dia tak tinggalkanmu.”
                Dan aku benar-benar merasakannya. Beberapa saat setelah aku di kamar kost-nya Ovi, Mas-nya sms aku. Aku langsung buru-buru sms balik dan minta gerbangnya dibukain. Dan ternyata aku disuruh cepetan soalnya aku lagi ditungguin. Langsung aja aku pamit ke Ovi dan bilang ga jadi nginep. Aku bahkan sampai lari-lari demi mengejar pintu gerbang yang semoga aja masih mau dibukain. Sampai bapak-bapak yang lagi ada di dekat situ nanya ke aku kenapa lari-lari. Dikiranya aku kenapa-kenapa. Malu banget, sungguh. Jadi ga pengin lewat di daerah situ lagi. -.-
                Sampai depan kost aku ngos-ngos-an. Langsung telepon Mas-nya dan Puji Tuhan mereka masih mau membukakan gerbang. Aku berterima kasih sedalam-dalamnya dan juga minta maaf sebesar-besarnya karena sudah sangat merepotkan. Muka Mas-nya bete. Ya bodo’ amat lah situ. Aku juga lagi banyak pikiran kok. O__o Aku ga peduli lagi soal membangun image baik. Bodo’ ga peduli!!!!!
                Sampai kamar masih dalam kondisi ngos-ngos-an dan deg-deg-an. Aku langsung mandi. Habis mandi segera ngerjain dan nyelesein cocard serta buku agenda. Perlu ngenet dan buka FB buat ngerjain yang diagram. Pokoknya buat ngerjain ini-itu dan mikir ini-itu, memakan waktu sampai jam 3 pagi. Aku baru tidur jam 3 pagi dan jam 4 pagi musti bangun lagi. Berangkat jam setengah 6 nih. Cuma tidur sejam! :O
                Lelah banget. Tidur ga cukup. Paginya juga cuma sarapan seadanya, sekotak susu dan sebungkus Koko Krunch.
            Ini baru awal aku merasa 24 jam sehari itu ga cukup. Besok-besoknya, pasti bakal lebih sering lembur atau bahkan ga tidur sama sekali. Itu gaya hidup anak Teknik Sipil.

*             *             *

                Hari yang sangat panjang dan melelahkan, baik secara fisik maupun secara pikiran serta batin. Dan tahukah kalian, aku udah berkali-kali mempermalukan diri sendiri hari ini.
                Ini pertama kalinya aku ngeloyor sendirian di Semarang sama Levis. Dan pengalaman pertama ini malah kacau. Jujur waktu tadi sore itu adalah pertama kalinya aku naik motor ugal-ugalan. Sempat nyalip mobil padahal mobil di depan mepet banget. Untungnya aku selamat dan ga apa-apa. Terus pas mau nyelip, hampir aja berselisih sama seorang cowok yang naik motor, untung dia sigap ngerem.
                Ke ADA pulang pergi aku naik motor sampai kecepatan 40 km/jam lebih. Benar-benar pertama kalinya aku ngebut. Juga waktu habis ambil uang di ATM BNI di Pom Bensin sebelah kost, aku ugal-ugalan lagi dan ga memperhatiakn sekitar. Alhasil aku bikin sebuah mobil Avanza hitam berhenti cepat dan buru-buru klakson ke aku keras-keras. Aku jadi salah tingkah dan sekaligus merasa bersalah. Malu banget.
                Dan malunya belum sampai situ. Pas mau nyeberang itu, ternyata mobil Avanza-nya masih nungguin aku di belakang. Si pengemudinya nge-klakson lagi, mungkin gegara ga sabar sama aku yang cuma diam aja dan ga jalan-jalan. Tapi jalannya masih ramai, aku ga mau buru-buru nyeberang, kali aja menurut pengemudi itu jalannya udah sepi buat nyeberang. Au ah~~ -,- Si pengemudi di dalam mobil pasti langsung ngarasani aku dan sewot. Yang terburuk, aku dicap sebagai remaja ababil. -__-
*             *             *

                Hari ini sangat berkesan, sungguh. Banyak hal yang aku dapat juga.
                Aku ga bakal melupakan pengalaman dengan status sebagai Mahasiswa baru ini seumur hidup.

Friday, August 30th 2013
09.02 p.m.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

ABOUT ME

Foto saya
Im a HUMANOIDS, not A-N-D-R-O-I-D~! I ♥ TVXQ. Fan of Lee Min Ho. Support VR46. Love watching SHINHWA Broadcast. :) me YUNJAE-shipper. not really into KPOP, but interest in JPOP esp ARASHI. member of GARUDA SIPIL 2013. ALWAYS KEEP THE FAITH!