29 September 2012

Hanya Indonesia!



“Cuma di Indonesia yang punya kebiasaan “tidur siang”. Ternyata pembiasaan kemalasan sudah dimulai sejak dini,” kata Pak Purwodianto, seorang guru sejarah yang suka mengutarakan pemikiran-pemikiran kritisnya di saat pelajaran dalam kelas.
            Siang hari itu, jam sejarah yang menjadi pelajaran terakhir sebelum bel pulang berbunyi. Berhubung kondisi anak-anak yang berada di antara ngantuk, lapar, dan malas, membuat suasana kelas di sekitar jam 1-an itu agak suram. Tapi tampaknya Park Purwodianto tidak habis akal untuk membuat kami -aku dan teman-temanku- tetap konsentrasi selama pelajaran, yaitu dengan kebiasaan suka menunjuk anak secara acak dan menanyai mereka, atau dengan mengangkat topik hangat yang sedang ramai dibicarakan, tentu saja masih ada kaitannya dengan materi (meski cuma sedikit).
            Dan siang itu, kata-kata Pak Purwo membuatku tersadar dan berpikir. Benar juga!
            Cuma Indonesia yang punya kebiasaan tidur siang. Cuba kita menengok negara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang, dan lainnya. Lalu perhatikan kehidupan orang-orang yang tinggal di negara itu. Apa saat siang hari mereka beristirahat di rumah? Kebanyakan (atau sebagian besar) dari mereka bekerja sampai malam, dan baru tidur setelah itu. Pelajar pun belajar di sekolah sampai sore hari. Jadi mereka tidak ada waktu untuk tidur siang.
            Tidur siang itu tidak buruk. Khasiatnya pun baik, karena dengan tidur siang itu berarti kita mengistirahatkan tubuh sejenak, dan bisa mengembalikan energi kita. Beberapa organ tubuh pun bisa meningkatkan kinerjanya saat kita tidur siang.
            Tapi, bukankah tidak ada salahnya bagi kita, orang Indonesia, untuk mencoba mengubah mind-set kita tentang tidur siang? Marilah kita coba untuk melakukan sesuatu yang lain saat kita punya waktu luang di saing hari. Lakukan saja hal-hal yang ringan tapi berguna, misalnya membaca buku, atau bersih-bersih kamar.
Waktu akan terus berjalan dan tidak akan bisa kembali, bukan?

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

ABOUT ME

Foto saya
Im a HUMANOIDS, not A-N-D-R-O-I-D~! I ♥ TVXQ. Fan of Lee Min Ho. Support VR46. Love watching SHINHWA Broadcast. :) me YUNJAE-shipper. not really into KPOP, but interest in JPOP esp ARASHI. member of GARUDA SIPIL 2013. ALWAYS KEEP THE FAITH!